Mimi Pipi: Menghitung Masa Subur Sesuai Anjuran Dokter

Kehamilan terjadi ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual pada masa ovulasi atau masa subur. Pada saat itu, sperma pria pasangannya akan membuahi sel telur yang matang. (bidanku.com)

Ilmu menghitung masa subur ini sebenarnya bisa dicari dari berbagai sumber. Namun kadang-kadang untuk memahaminya cukup susah karena terpatok pada pengamatan yang minimal dilakukan minimal 6 kali siklus menstruasi. Jadi harus mengetahui secara akurat maju mundurnya masa menstruasi sebelum menghitung masa subur.

dr. Bambang Susilo Sp.OG menyarankan untuk melakukan hubungan pada H+13 setelah hari pertama menstruasi. Yang pada saat Desember kemarin ada di kisaran tanggal 12-14-16. Kenapa harus dilewati satu hari? Katanya kondisi sperma sudah cukup matang dengan perhitungan waktu yang demikian.

Agar lebih memahami cara menghitung yang bisa dilakukan dari pengamatan sendiri, dikutip dari Fajar.co.id berikut caranya:

Rumus Umum (28 – 35 hari) Masa Subur = Hari Terakhir Haid /Menstruasi + 13 hari
Contoh : Jika hari terakhir mens adalah tangal 10 maka tanggal masa subur adalah tanggal 23, masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

Rumus siklus haid teratur (28 hari)
Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1, masa subur adalah hari ke 12 hingga hari ke 16.

Contohnya: Haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke -1. Maka hari ke 12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari.

Rumus siklus haid tidak teratur
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh: Jika haid siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari, maka perhitungannya:26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

Kalau masih belum paham, memang butuh penjelasan langsung dari dokter kandungan yang sudah dipilih. Selamat menghitung ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: