Mimi: Kiat Nyaman USG TransVaginal Atau USG Bawah

Terbiasa melihat proses USG yang dioleskan di perut? Ternyata ada proses USG yang bisa melihat kondisi rahim perempuan yang alatnya dimasukkan lewat vagina. Inilah yang membuat saya kurang nyaman karena area V tampak lebih gelap.

Biar lebih nyaman, berikut kiat saya ketika menghadapi USG transvaginal atau USG bawah:

1. Pilih Dokter SpOG yang Bikin Nyaman
Mau dokter perempuan boleh, dokter laki-laki juga nggak masalah asal mereka bisa membuat nyaman. Bicarakan dengan suami jika tidak merasa nyaman dengan dokter kandungan yang dipilih.

2. Bersihkan Tubuh
Perempuan akan lebih percaya diri saat sudah mandi dan membersihkan area V.

3. Pakai Pakaian Longgar
Rok lebih saya sarankan daripada celana panjang. Biar nggak ribet ketika harus melepas celana di ruang periksa dengan bantuan perawatnya.

4. Pakai Celana Dalam Bagus
Tidak harus berenda, yang penting bersih dan bagus. Daripada mendadak hilang percaya diri karena harus melepasnya di hadapan orang lain, bukan?

5. Semprotkan Wewangian
Buat diri sendiri, bukan orang lain. Selalu ada kecemasan area V akan bau tidak enak, jadi seimbangkan denga bau badan yang segar ketika bertemu dokter kandungan.

Selanjutnya, dokter akan memakai masker. Alat USG yang berbentuk seperti pensil raksasa itu akan dilapisi kondom untuk menjaga kebersihannya. Kondom akan diganti dan dibuang setelah digunakan.

Naiklah ke meja periksa, tidur terlentang kaki ditekuk dan sedikit dibuka. Bagian bokong akan dilapisi kertas apa ya itu, diapers sepertinya. Kemudian dokter akan memasukkan alat USG lewat vagina, relaks saja. Kalau tegang alatnya jadi susah masuk.

Dokter akan memeriksa dengan gerakan ke atas, ke bawah, ke kanan dan ke kiri. Memastikan tidak ada kista dan melihat kondisi indung telur.

Setelah itu alat dikeluarkan. Dokter akan memeriksa kondisi sel telur di layar USG. Jangan buru-buru beranjak. Ada kalanya dokter harus memeriksa rahim kembali jika data yang didapatnya tidak meyakinkan. Tunggu aba-aba dokter untuk meninggalkan kasur periksa.

Jangan sampai ketiduran saat menunggu disuruh turun ya.

Advertisements

One thought on “Mimi: Kiat Nyaman USG TransVaginal Atau USG Bawah

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: