Mimi: Makanan yang Dilarang Selama Kehamilan

Apalah daya ketika si tukang makan harus meninggalkan kebiasaannya sehari-hari selama hampir sembilan bulan. Ya, berat sekali bagi Mimi untuk mengubah kebiasaan makan makanan yang dilarang selama kehamilan. Apa saja?

Ibu Hamil Dilarang Makan Lalapan

Bukan bebek dan ayam goreng, tapi Mimi suka sekali makan lele goreng yang tidak kering. Masih terasa lembut dagingnya dan tidak kemripik. Belum lagi sayuran-sayuran pelengkap untuk ngemil sambalnya, ada kemangi, timun, kacang panjang.

Sebenarnya secara logika, ibu hamil masih bisa kan ya makan lalapan? Tentu harus dimasak dengan matang, kalau perlu sampai kemripik biar aman. Lalapan sayuran lebih baik disingkirkan dulu kalau beli di warung. Tapi kalau mau makan di rumah, cuci bersih sayuran sampai beberapa kali deh. Boleh juga direbus dulu sebelum dilalap. Nggak suka kemangi rebus? Ganti lalapannya dengan labu siam muda, kacang panjang, dan timun yang direbus.

Sushi Mentah dan Sashimi Haram Dimakan Selama Kehamilan

peco-peco-sushi-malang-1

Apa aja yang mentah itu dilarang dimakan ibu hamil. Katanya demikian. Tapi kalau hobi makan sushi, ini bakal bikin stress nggak sih? Apalagi Mimi suka banget sushi yang baru buka gerai baru itu, pilihannya cantik-cantik dan enak dimakan. Memangnya seberbahaya apa makan sushi selama kehamilan?

Sushi dilarang dikonsumsi selama hamil apabila yang dipilih mengandung ikan laut mentah berkadar merkuri tinggi.  Menurut kabar, jenis ikan laut yang mutlak tidak boleh dikonsumsi adalah tuna, pari, tengiri, mackarel, todak, hiu, dan tile fish. Entah jenis apa sih Tile fish itu. Salmon dan cumi-cumi serta gurita masih bisa ditolerir konsumsinya.

Tapi demi ketenangan diri, pilih aja sushi yang tidak mengandung ikan laut mentah. Menu-menu sushi di Indonesia kebanyakan sudah disesuaikan dengan lidah setempat. Nggak suka sushi mentah, ada sushi kepiting soka goreng, crab stick, telur, dan sayur-sayuran. Dan lebih amannya lagi yang digoreng!

Minum Soda Juga Dilarang Selama Hamil

Salah satu jenis mineral yang dibutuhkan selama pertumbuhan janin dalam kandungan adalah kalsium. Kekurangan kalsium selama kehamilan dapat membuat tulang jadi keropos, gigi sakit, kram selama kehamilan, hingga pertumbuhan janin terganggu. Salah satu yang menggerus kalsium adalah mengonsumsi soda.

Selain itu, soda biasanya mengandung kadar gula yang tinggi. Dikhawatirkan bikin obesitas selama kehamilan juga kan? Oleh karena itu, bijak-bijak aja minum soda selama hamil. Kalau pengen, cukup beberapa sesap. Jangan sampai habis satu botol besar ya. Mimi sendiri jarang minum soda, kalau nggak sengaja.

Karena Makan Steak Kematangan Medium Itu Enak, Tapi Juga Nggak Boleh

holycow-camp-malang

Matang! Pilih steak dengan kematangan sempurna kalau ibu-ibu mau makan enak selama hamil ya. Padahal enak juga steak medium disandingkan dengan soda atau bir dingin. Ingat, singkirkan dulu bayangan itu semua. Kalau bisa selamanya. Biar tetap sehat, juga dompet tetap aman.

Jauhkan Mie Instan Selama Kehamilan

Mie instan goreng dengan potongan cabe rawit, hmmmm lezatnya… Tapi itu nggak boleh selama hamil ya. Kata orang-orang demikian. Ada banyak kandungan garam dan MSG dalam mie instan yang bila dikonsumsi berlebih dapat menimbulkan hipertensi dan rasa mual serta pusing.

Padahal, ada cara aman makan mie instan buat ibu hamil. Pertama, jangan terlalu sering. Kedua, cukup pakai 1/2 bungkus bumbu yang mengandung banyak garam. Ketiga, tambahkan sayuran lain untuk menambah gizinya. Terakhir, buang air rebusan pertama, ganti dengan air baru untuk disajikan saat membuat mie instan kuah.

Jadi, pada dasarnya semua makanan itu boleh dimakan selama hamil, asal mengikuti syarat-syarat yang ditentukan. Bisa demikian kesimpulannya?

Sekian curhatnya dan bumil terima traktiran sushi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: