Mimi Pipi: Apa Yang Terjadi di Kehamilan Week 9-12

Belum genap 12 week, Mimi memutuskan periksa kehamilan. Pertama karena minggu depan berencana keluar kota, jadi melihat #babyhattori sehat di dalam kandungan. Kedua, karena Pipi tidak ikut di pemeriksaan week 5-8. Ketiga, sedikitnya Pipi Mimi deg-degan juga kenapa kehamilannya berlangsung lempeng gitu aja.

Kondisi perut juga kembang kempis nggak memblenduk dengan semangat 45 seperti bumil di bangku sebelah. Kok bisa kembang kempis? Karena setelah BAB, perut kembali seperti semula. Gemuk gendut berlemak seperti biasa. Menurut teman yang pernah mengenyam pendidikan kebidanan, katanya #babyhattori menempati ruang longgar di perut Mimi yang kapasitasnya sudah besar dulu, baru akan membesar seiring dengan usia kehamilan.

Kemudian duduklah Mimi Pipi di ruang tunggu tempat praktik dr Novina Purwita Kartikarini SpOG. Tidak seperti waktu periksa sebelumnya, dr Novina tidak ada operasi hari ini, tapi cukup terlambat beberapa menit dari jam bukanya. Seperti biasa dihitung dulu kenaikan berat badan dan tekanan darah Mimi sebelum periksa. Naik 0,6kg dari bulan sebelumnya yang malah turun 0,5kg dari bulan pertama periksa. Lambat ya?

Tapi ternyata itu grafik kenaikan berat badan itu sangat-sangat harus dijaga buat Mimi yang overweight sebelum hamil. Hahahaha. Agak malu juga Mimi.

Jadi, untuk ibu hamil yang overweight dari berat badan normal, disarankan dr Novina untuk menjaga asupan gula sehingga total berat badan naik selama hamil hanya di batas 8kg saja. Ada ancaman diabetes dan bayi berkembang besar dalam kandungan jika berat badan dibiarkan melesat tinggi.

Terbukti, mendadak #babyhattori sudah terlihat besar saja di layar USG. Takjub ketika dari USG sebelumnya yang hanya berjarak kurang dari 4 week dia masih di ukuran 10mm, tiba-tiba sudah di ~50mm dan tubuhnya sudah mulai samar-samar terlihat. Bagian kepala, badan, bahkan tangannya terlihat melambai-lambai ketika di USG. Itu kata dokter. Mimi dan Pipi nggak ngerti kalau itu tangan sih.

Di hasil USG week 9-12, #babyhattori juga terlihat bergerak aktif, sehingga pertumbuhannya meskipun sedikit kecepetan tapi cukup sehat. Alhamdulillah.

Malam periksa ke-3 ini Mimi juga disarankan untuk lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui hepatitis what what what gitu. Nanti akan dibuat postingan sendiri ya, karena masih mengumpulkan informasi. Enaknya adalah pihak laboratorium pro aktif datang ke tempat praktik dokter dan resepsionis dr Novina mengabarkan hasil diagnosanya ke pasien lewat whatsapp. Untuk informasi lebih jelas bisa konsultasi kembali ke dokter.

Sejauh ini hanya lapar yang menggila saja yang mengganggu aktivitas. Lainnya normal seperti kehidupan biasa.

Sampai jumpa dengan #babyhattori di week 13-16 ya!

Advertisements

One thought on “Mimi Pipi: Apa Yang Terjadi di Kehamilan Week 9-12

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: