Mimi: Sembelit Pada Ibu Hamil Bisa Diatasi Kok

Punya teman sebangku yang sedang hamil lebih tua beberapa bulan bisa jadi bahan pembelajaran bagi Mimi yang menyusul kemudian. Ayu namanya, sekarang sudah menuju 8 bulan sedangkan Mimi di 5 bulan. Salah satu yang pernah dibahas seru adalah masalah sembelit pada ibu hamil.

Sembelit memang umum dialami ibu hamil karena terjadi perubahan hormon yang mempengaruhi organ lainnya. Salah satunya fungsi pencernaan yang cenderung melambat. Penyebab lainnya tubuh menyerap lebih banyak air sehingga kotoran cenderung lebih keras dalam proses pengeluaran.

Ayu mengalami sendiri masalah sembelit di awal kehamilannya saat masih susah menambah asupan cairan harian. Tidak hanya sembelit, dia juga mengalami cairan ketuban cenderung kurang karena susah minum. Bikin uring-uringan katanya. Ya gimana, perut pasti jadi terasa begah kalau tidak BAB kan?

Kondisi hamil memang membutuhkan adaptasi cepat pada setiap perubahan yang terjadi di tubuh. Masalah sembelit pada ibu hamil di awal kehamilan Ayu pun bisa tertangani ketika sudah bisa minum lebih banyak cairan lagi.

Mimi bagaimana? Mengalami sembelit di awal kehamilan juga?

Ngga juga sih. Malah cenderung tergolong lancar jaya setiap habis makan bingung harus segera dikeluarkan. Sehingga agak malas bepergian kalau sekiranya nggak ada toilet di dekat tempat tujuan. Mengapa bisa demikian? Mungkin karena sudah belajar dari Ayu, Mimi lebih banyak makan buah dan minum air. Jauh lebih banyak daripada waktu sebelum hamil yang justru bisa nggak BAB selama 3-4 hari.

Inilah salah satu perubahan positif yang dialami Mimi selama kehamilan. Bisa lebih banyak minum dan makan buah tanpa harus disuruh. Kayaknya juga ngefek ke kontrol berat badan, jadi nggak terlalu berlebihan naiknya.

Tapi itu juga perlu dikonsultasikan lagi, apakah tidak mengalami sembelit pada ibu hamil juga ngefek pada ala ala diet kehamilan?

Pokoknya bahagia rasanya kalau baju-baju belum perlu ukuran lebih besar itu, ya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: