Mimi Pipi: 12 Cara Menebak Jenis Kelamin Janin Dari Tanda-Tandanya

Modal membaca kanan kiri, menebak jenis kelamin janin/bayi di dalam kandungan sudah bisa dilakukan pada minggu ke 20 lewat USG. Kadang tebakannya tepat, ada juga yang ternyata meleset. Ada orangtua yang penasaran dan ingin tahu lebih cepat untuk persiapan, ada juga yang adem-adem aja menyimpannya untuk kejutan di hari kelahiran. Mimi dan Pipi termasuk orangtua kategori pertama yang penasaran. Mendapat banyak masukan dari kebiasaan di awal kehamilan sampai akhirnya menyerah percaya sama USG sajalah.

Di balik kepenasaran itu, barusan baca lagi di PopSugar ada cara menebak jenis kelamin bayi yang melengkapi dari postingan sebelumnya.

Menebak Jenis Kelamin Janin di Dalam Kandungan

Agaknya lebih mudah, 12 cara mengetahui jenis kelamin janin ini bisa dicoba buat yang masih penasaran.

1. Dari Detak Jantung Janin
Saat dokter atau bidan memeriksa detak jantung bayi, bertanyalah lebih spesifik berapa detak jantungnya per menit. Di atas 140 per menit: bayi perempuan, kurang dari 140 per menit: laki-laki.

2. Dari Gejala Morning Sickness yang Dialami Ibu
Mitos bilang kalau mengalami morning sickness berat di trimester pertama bisa jadi itu bayi perempuan. Kalau berlalu dengan baik-baik saja nggak muntah-muntah, bayinya laki-laki.

3. Dari Daftar Belanjaan
Kok bisa ya? Kata Popsugar kalau ibu lebih sering membeli es krim dan makanan manis, pertanda bayinya perempuan. Kalau sering beli yang kecut-kecut, gurih dan asin, kemungkinan sih bayinya laki-laki.

4. Dari Bentuk Perut
Perut terlihat tinggi dan merata mengikuti bentuk pinggang, tandanya perempuan. Bayi laki-laki biasanya dilihat dari bentuknya yang bulat seperti bola.

5. Dari Pilihan Anak Kunci
Hahaha, ini gimana ya. Jadi kata Popsugar coba saja tes anak kunci ini. Kalau kamu cenderung memilih kunci yang pipih dengan ujung bulat, mungkin anak perempuan. Tapi kalau dengan insting memilih yang ujungnya menyempit, bayinya laki-laki.

6. Dari Warna Air Kencing
Ternyata mencelup test pack ke air kencing bukan cuma untuk melihat positif atau negatif. Warna air kencing juga bisa menjadi pertanda jenis kelamin janin. Kalau kuning keruh tandanya bayi perempuan, kalau kuning terang tandanya laki-laki.

7. Dari Jerawat yang Muncul
Menurut mitos yang diangkat Popsugar, bayi perempuan akan mencuri kecantikan ibunya dengan memberinya banyak jerawat di wajah ibu. Berbeda dengan bayi laki-laki, sepertinya akan membantu menonjolkan kecantikan ibunya.

8. Dari Tebakan Tes Cincin Pernikahan
Gantung cincin ke benang tipis, dekatkan ke perut saat hamil. Kalau berayun maju mundur tandanya perempuan. Kalau berayun membentuk lingkaran tandanya bayi laki-laki.

9. Dari Konsep Perhitungan Cina Kuno
Agak bingung cara menjelaskan ini karena harus menulis usia segala. Itu kan rahasia? Tapi bisa dicoba, kalau jumlah usia saat perkiraan awal kehamilan sama dengan bulan ke berapa mulai kehamilan, berarti bayi laki-laki. Kalau nggak sama, bayi perempuan.

10. Dari Gerakan Bangun Tidur
Kalau ibu hamil sering bangun dengan posisi tidur miring ke kiri, tandanya bayi perempuan. Kebalikannya, tandanya bayi laki-laki.

11. Dari Membaca Garis Telapak Tangan
Kalau garis telapak tangan terlihat kering, tandanya bayi laki-laki. Sementara kalau garis telapak tangan terlihat lembut, tandanya bayi perempuan.

12. Dari Ukuran Payudara
Setiap bentuk payudara diciptakan berbeda, bahkan kanan dan kiri sepasang pun tak sama. Untuk menebak jenis kelamin bayi, cobalah melihat perkembangan besar payudara selama kehamilan. Jika payudara kiri lebih besar, anak laki-laki. Jika payudara kanan lebih besar, tandanya kamu akan mendapat bayi perempuan.

Nah dari tanda-tanda di atas, selama kehamilan Mimi yang bisa dicermati adalah nomor 1, 2, 7, 9, 12. Begini penjelasannya: detak jantung under 140, tidak ada morning sickness, tidak ada jerawat yang muncul malah terlihat glowing (kata teman-teman), perhitungannya sama, yang poin 12 rahasia yaaaaa… Lainnya nggak tepak blas atau nggak pernah dicoba dan nggak kelihatan bedanya.

Sudah cukup deg-degannya dengan tanda-tanda yang terlihat?

Belum selesai. Karena dari USG dr Novina SpOG versus dr Halida SpOG berbeda. Awal USG di jelang minggu ke-20, sepertinya sih jenis kelaminnya perempuan. Horeee, Mimi sudah berteriak kegirangan karena bakal ada teman belanja. Begitu USG dr Halida keluar, katanya bayi laki-laki. Ganti Pipi yang bersorak karena bakal ada teman main tembak-tembakan.

Dan dengan kecanggihan alat USG, serta dari pertanda-pertanda yang terlihat, Mimi dan Pipi kini sedang bersiap-siap menanti kehadiran baby boy #BabyHattori yang sangat aktif di dalam kandungan. Hampir setiap malam #BabyHattori main dribble keliling lapangan di dalam ketuban. Apalagi kalau ditinggal Pipi masuk jaga malam, dia sangat paham Mimi kadang takut sendirian dengan tidak berhenti berputar-putar di dalam kandungan.

Sekarang, Mimi dan Pipi justru mulai dibingungkan dengan memilih nama bayi laki-laki. Ada usulan?

Advertisements

3 thoughts on “Mimi Pipi: 12 Cara Menebak Jenis Kelamin Janin Dari Tanda-Tandanya

Add yours

    1. hahaha, pertanda yg sudah ada buktinya ya @Hastira.. nah, Mimi kebalikannya. trimester pertama berlalu begitu saja x)). masuk bulan 4 malah baru mual2, itu jg krn telat makannya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: