Mimi: Serangan Sakit Lambung Digoda #BabyHattori Lagi

Belum ada sebulan keluar dari perawatan lambung Rumah Sakit Persada, Mimi harus mengalami lagi gejala yang sama. Muntah-muntah dan nyeri di lambung kembali. Tapi ada yang berbeda dari penyebab gangguan lambung di kehamilan memasuki bulan ke tujuh ini.

MENIKMATI FASILITAS KAMAR MATERNITY di RUMAH SAKIT PERSADA

Banyak yang bertanya, apa bukan heart burn? Ndak, rasanya bukan demikian. Gejala yang sama pernah Mimi rasakan memasuki bulan ke empat dulu. Bulan 1-3 kehamilan sangat lancar, tidak ada masalah berarti di tubuh Mimi. Nggak ngidam, nggak morning sickness, ngga kerasa aneh-aneh lah. Seminggu masuk hitungan bulan ke empat, tiba-tiba gejala kayak maag akut melonjak. Sampai ke UGD pagi-pagi karena nggak sanggup berdiri.

MIMI MASUK UGD RUMAH SAKIT PERSADA!

Saat memeriksakan di dr kandungan perempuan Novina SpOG di Malang, #BabyHattori sudah bertambah besar memang. Untuk Mimi yang lambungnya sensitif, perkembangannya cukup mempengaruhi sehingga menyebabkan serangan pertama.
Sementara memasuki bulan 6 kemarin, Mimi sedang nggak aturan makannya. Sudah tau lambungnya sensitif kok nggak dijaga. Jadilah 5 hari di rumah sakit Persada karena serangan kedua.

Yang enggak diduga, gerak #BabyHattori seharian kemarin memang aktif sekali. Mimi bahkan duduk di kantor sampai ndlosor karena terasa muter-muter lapangan basket. Ngedribble kayak Pipi ya nak? Kalau sudah bergerak kenceng kayak gitu, memang rasanya semriwing-semriwing. Selesai makan siang, lambung terasa semakin pusing. Namun hujan deras memasung Mimi nggak bisa pulang sementara stok obat tidak ada yang dibawa. Repot kan?

Kalau kamu ibu hamil mengalami gangguan lambung seperti Mimi, mungkin sedikit bisa membantu pertolongan pertamanya:

1. Cari posisi ternyaman
Mimi nggak bisa tidur terlentang. Enaknya setengah duduk sambil bersandar atau benar-benar duduk dengan punggung lurus. Setelah enakan, tidur dengan posisi miring ke kanan dengan bagian bawah dada diganjal bantal sedikit.

2. Siapkan minum hangat
Karena Mimi termasuk yang gampang muntah kalau sudah kena lambung, minum hangat kayak teh bisa membantu meredakan gangguan mual. Sementara jahe hangat malah bikin tambah muntah. Oya, siapin ember atau tas plastik untuk menampung.

3. Obat maag saat hamil?
Ini pendapat antar dokter bisa berbeda-beda. Versi dokter kandungan, pilih sirup sulfacrate seperti Inpepsa. Versi dokter penyakit dalam, kalau sudah lewat trimester pertama, obat maag biasa sudah bisa dikonsumsi lagi. Tapi untuk menyamankan diri, minta saja yang paling aman ke dokter.

Mimi diberi Lanzoprazole untuk sebelum makan, Rebamid dan obat racikan dokter untuk sesudah makan. Mimi termasuk ketergantungan kalau masalah lambung, sudah tidak bisa ditolerir lagi kalau sudah kena serangan. Bismillah saja #BabyHattori tetap sehat daripada berpikir yang engga-engga.

4. Jika sakit berlanjut, segera ke UGD, dokter atau paramedis terdekat
Jangan lupa beri tahu riwayat kesehatan termasuk usia kandungan.

Sakitnya luar biasa kalau sudah serangan lambung akut. Jadi yang sibuk, yang kerjanya sampai malam, yang biasa melewatkan jam makan, ayo diatur lagi hidupnya. Sekali sakit maag, bisa sampai mana-mana nanti ke depannya.

Semoga kamu tetap sehat ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: