Mimi Pipi: Akhirnya BISA Hamil ya Mba?

Mimi ingat pernah menulis tentang celoteh tetangga tentang kehamilan yang tidak datang juga. Seperti ini:

Bu RT: Mbaknya kok belum hamil aja sih, padahal saya dulu waktu habis nikah langsung hamil lho.
Mimi: Iya bu, suka lupa kalau sudah boleh keluar di dalam.
Bu RT: …..
Mimi: *ngeeeeng berangkat ke kantor*
~ cerita lengkapnya di sini

Pertanyaan basa-basi sebenarnya, tapi agak bikin hati kesentil karena Mimi dan Pipi belum juga mendapat kehamilan di tahun ke2. Ndilalah, 2,5 tahun setelah pertanyaan itu, ada lagi kalimat pernyataan yang bikin hati kembali mencelos. Kali ini…dari suaminya yang bertanya 2 tahun lalu. Beliau sedang mengetuk pintu ketika Mimi Pipi pulang dari jalan-jalan pagi.

Pak RT: Dari jalan-jalan mbaknya?
Mimi: Iya Pak
Pak RT: Alhamdulillah. Akhirnya BISA hamil ya Mba?
Mimi: ……………
Mimi: Iya Pak, lha wong bikin terus. Masa ga hamil-hamil..

Lagi-lagi basa-basi dengan pemakaian kalimat yang bikin kesel. Bisa lho itu diubah kalimatnya: Alhamdulillah, sekarang hamilnya uda berapa bulan Mba? Beda kan dengan penambahan kata: BISA di dalam kalimat? Semacam Mimi Pipi salah banget gitu kalo nggak hamil-hamil.

Banyak dari teman Mimi Pipi yang tidak seberuntung teman lainnya. Berusaha keras setelah menikah untuk hamil, tapi tak datang juga. Ada banyak faktor yang terjadi di dalamnya. Sehingga Mimi Pipi juga berhati-hati untuk bertanya, dan lebih baik tidak bertanya jika teman tidak menceritakan sendiri kondisinya. Tidak seorang pun bisa tahu sedalam apa akibat yang ditimbulkan dari pernyataan sebasa-basi apapun kalimat yang diucapkan.

Bahkan berteman dekat, bersaudara sekalipun, lebih baik telan saja pertanyaan KAPAN HAMIL? KOK BELUM HAMIL JUGA? SUAMI SIBUK AMAT? Dan padanan kata lainnya. Mimi Pipi cenderung diam kalau nggak diajak ngobrol duluan. Tapi senang kalau misalnya ada yang bertanya, GIMANA SIH PROGRAM KEHAMILANNYA? Berbagi lika-liku yang Mimi Pipi jalani itu melegakan sedikit karena pada kondisi clueless ngga tau kenapa belum hamil juga itu nggak enak.

Mimi Pipi mengalaminya selama bertahun-tahun dan pengen kamu juga merasakan kebahagiaan yang sama menanti kehadiran anak di dalam keluarga. Tapi kalau belum siap, tidak salah juga menunda. Yang penting sudah dibicarakan bersama antara kamu dan pasangan, kalau bisa keluarga juga diberi pemahaman. Jadi ketika ada pak rt bu rt yang bertanya dengan cupunya seperti di atas, Mama Papa, Kakak dan Adik bisa memberikan jawaban yang nggak judes kayak Mimi.

Semangat terus ya!

Advertisements

9 thoughts on “Mimi Pipi: Akhirnya BISA Hamil ya Mba?

Add yours

  1. Sering banget baper dan stres kalo ditanyain “udah hamil? Kok belum hamil2 sih? Si ini, si itu, si ana, si ani aja udah hamil lhoo..” Gimana sih mba,biar g gampang baper😢

    Like

    1. coba bikin sibuk otak dan badan. ada kesibukan bikin ngga sempet mikirin celometannya orang nantinya. sekarang lagi ngapain aja sehari-harinya?

      Like

  2. waktu itu ada yang tanya gini

    Teman yang hamil : lho? belum hamil juga? ini aku hamil anak ketiga lho
    Aku yang baru datang di acara ziarah haji dan lagi salaman langsung nengok dan jawab dengan ketus : emang orang nikah harus hamil gitu ya?
    Teman yang hamil dan suka kepo : *bengong sama jawabanku*
    Teman yang lain yang tau aku langsung nengahin : udah ga usah ngurusi hidup orang ya …

    Like

  3. X: koq belum hamil juga?
    Y: emang gak bisa hamil koq bu
    X: loh? kenapa? mandul ya?
    Y: gak koq bu, soalnya saya dulunya cowok sebelum operasi kelamin jadi perempuan

    *tarakdungjesss

    abis itu pasti jadi bahan gosip se-RT

    Like

  4. Hay mbakk…kayaknya kita pernah ketemu in shaa alloh di hotel atria malang wktu berenang, wktu itu pengunjungnya cm kita aja 😀
    Seneng banget wktu itu liat mbak udh hamil gedhe, tp masih aktif olahraga 😍
    Semoga aq bs cepet nyusul mbak segera hamidun *aaaaaamin*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: