Mimi: 34 Weeks, Sudah Mulai Terasa Kram?

WAKTU BERASA TERBANG BEGITU AJA. YA NGGAK SIH? Kalau sedang hitung-hitung minggu sesaat setelah periksa kehamilan, Mimi selalu geleng kepala. Kayaknya baru kemarin begini, kayaknya baru minggu lalu begitu. Dan pemeriksaan kehamilan semalam Mimi sudah ditanya, perut sudah mulai terasa kram?

dr Novina Purwita K Sp.OG hanya memastikan bahwa kondisi kandungan Mimi sehat-sehat saja tanpa gangguan atau tidak . Karena kram-kram yang terjadi di perut mengindikasikan terjadinya kontraksi palsu yang merupakan hal normal di trimester akhir. Sementara Mimi rasanya masih kram-kram di kaki aja nggak terasa di perut.

Seperti Apa Rasanya Kontraksi Palsu?

Umum disebut Braxton Hiks, ini adalah salah satu persiapan rahim untuk menghadapi persalinan. Bisa dirasakan ibu hamil, bisa juga enggak. Tergantung gimana si Bumil menjalani aktivitas hariannya. Apalagi yang cuek-cuek atau lebih terkonsentrasi merasakan tendangan si bayi di dalam rahim. Seperti Mimi waktu ditanya apa sudah merasakan kontraksi palsu ini. Cuma bisa geleng kepala sambil pasang tampang bego. Abis nggak kepikiran banget kalau sudah waktunya kontraksi.

Tanda Kontraksi Palsu

Wih, setelah dibaca-baca dari Alodokter, kontraksi sebenarnya sudah terasa sejak usia kehamilan 7 minggu! Tapi biasanya nggak terasa karena ukuran rahim belum terlalu besar. Pada fase ini umumnya nggak ada efek berarti pada ibu hamil.

Kalau kamu ngerasain otot rahim mengencang, nah itu mungkin sedang terjadi kontraksi palsu. Coba rasakan dengan menempelkan tangan di permukaan perut. Di fase awal ini biasanya selang waktu 5-10 detik per jam atau beberapa kali sehari saja terjadinya. Pantas ya kalau nggak terasa?

Tanda Kontraksi Persalinan

Biar nggak terlena dengan kontraksi palsu di trimester akhir ini, Mimi disarankan untuk mengamati tanda-tanda melahirkan. Walau sebenarnya kalau dalam kondisi normal di minggu ke 34 belum waktunya, dan baru mulai waspada di minggu ke 37. Apalagi nggak semua perempuan mengalami tanda melahirkan yang sama. Ada juga yang punya keinginan tertentu sehingga bisa juga ngempet ngerasain meski kontraksi sudah terjadi.

Umumnya tanda kontraksi sesaat sebelum melahirkan terpusat pada perubahan fisik yang dirasakan. Seperti nyeri punggung, sakit perut dan kram yang terasa seperti mau mens, juga kondisi nggak bisa tidur. Saat terasa mau pipis bolak-balik, ini adalah pertanda bayi akan turun ke jalur lahir di tulang panggul. Pada fase lebih lanjut sebelum persalinan mungkin terjadi keluarnya lendir kental bercampur darah dari vagina. Warnanya bisa bening, merah muda atau sedikit berdarah. Mungkin ini yang biasanya disebut dengan flek sebelum melahirkan.

Rasa kontraksi sebelum melahirkan tentu beda dengan kontraksi palsu. Kalau kontraksi palsu biasanya berpusat di daerah perut atau panggul, kontraksi sebelum melahirkan terjadi di bawah punggung kemudian pindah ke bagian depan perut. Lalu diikuti pecahnya air ketuban.

Waow.. Kayaknya bakal panjang ya proses persalinan normal itu nantinya. Semoga bisa sesuai keinginan. 6 weeks to go. Sampai bertemu di bulan Juni, #BabyHattori kesayangan Mimi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: