Mimi: Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Sejak usia kehamilan 7 bulan, Mimi sudah ancang-ancang untuk ikut senam kehamilan di Malang. Tapi seperti biasa, terlalu banyak alasan. Pekerjaan harus diselesaikan lah, lebih memilih untuk istirahat lah, lagi senang-senangnya merancang kamar bayi lah. Dan waktu pun terbang tiba-tiba sudah sampai di akhir masa-masa kehamilan. Untung masih sempat berenang, jadi ada sedikit manfaat yang didapat tubuh di waktu yang sempit seperti sekarang.

Eh bukan berarti Mimi tidak bergerak sama sekali ya, masih ada acara jalan-jalan siang, beres-beres rumah, dan sesekali jalan-jalan di lapangan saat waktu memungkinkan. Tapi memang tidak konstan, yang dalam pengertian medis olahraga itu ya dilakukan dengan teratur untuk dapatkan manfaatnya. Baik saat hamil maupun enggak. Beragam warning dari tubuh rupanya muncul setelah menumpuk selama hampir 9 bulan.

Apalagi di rumah Mimi sedang ada rangkaian peringatan pemakaman Eyang dari Pipi. Hampir setiap hari ada tamu yang berkunjung, sementara kursi-kursi dikeluarkan diganti dengan tikar untuk acara malam. Mau tidak mau harus menyesuaikan duduk-duduk di bawah, dan banyak melakukan gerakan duduk berdiri. Efeknya terasa sekali di daerah paha atas dan perut bawah. Rasanya kemeng-kemeng bergembira. Sedikit positive thinking aja, sekalian melatih otot panggul dengan gerakan jongkok berdiri. Tapi terlalu banyak kayaknya, sehingga bikin susah tidur karena kemengnya.

Daerah punggung juga sedikit kena imbasnya. Beban berat di perut tapi maunya gerak kayak lagi ga hamil. Ya maap, terusannya jadi kayak encok. Meski nggak harus minta dipijat Pipi setiap malam, karena lebih penting menemukan posisi tidur yang nyaman biar bebannya nggak terasa waktu bangun esok harinya.

 

Nah kemarin Mimi sempatkan berenang di Atria Hotel Malang pakai kunci kamar adik yang kebetulan sedang ada pelatihan di Malang. RASANYA MELEGAKAN!

Enak banget, terasa bedanya antara jalan-jalan dan berenang. Selain lebih bisa membantu mengatur pernafasan, gerakan berenang rupanya membantu ibu hamil untuk bergerak dari ujung kepala sampai ujung jempol kaki. Biarpun cuma bisa gerakan dasar berenang saja, 30 menit berenang bisa membantu Mimi tidur lebih nyenyak malamnya, punggung tidak terasa berat, badan lebih relaks, dan daerah paha dan perut juga nggak terasa seberat biasanya.

Dikutip dari alodokter.com, manfaat berenang untuk ibu hamil ternyata ya nggak jauh-jauh berbeda kok. Seperti melemaskan ketegangan punggung, meredakan pembengkakan di lengan dan kaki, tidak membebani fisik dan membuat kelelahan, juga membantu mencegah mual dan mengisi energi.

Mungkin kalau masih sempat sebelum lahiran, Mimi mau berenang lagi ah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: