Mimi: Cara Mudah Menyusui Bayi Untuk Pemula

Iya, pemula itu termasuk Mimi juga. Halo, hampir 2 minggu sejak kelahiran Raga blog ini rasanya mulai banyak semutnya. Maklum masih berusaha mengejar program belajar menjadi ibu baru yang perlu banyak masukan dari kanan kiri. Mulai dari menyusui, mengganti popok, memandikan bayi, sampai memahami jadwal imunisasi. Kali ini Mimi mau berbagi sedikit cara mudah menyusui untuk ibu baru.

Saat persalinan Raga dulu, Mimi sempat melakukan IMD. Tapi karena masih ngos-ngosan dan rasanya lolos semua sendi dan tulang, Raga sepertinya cuma nempel aja di dada. ASI Mimi sudah keluar sejak kehamilan bulan ke 7, ingat kan? Jadi saat Raga datang besok paginya dari kamar bayi, Mimi mulai belajar menyusui tapi masih suka-suka Mimi aja caranya. Dan cara menyusui yang Mimi lakukan salah banget. Biarpun sudah diajari juga cara memijat payudara untuk melancarkan ASI, tetap saja kalau cara menyusuinya salah si bayi bisa kekurangan asupan makanan.

Awalnya Mimi cuma ngepas-ngepasin aja antara mulut Raga dan puting payudara. Posisinya Raga memang kelihatan nggak nyaman karena berada di bawah payudara. Punggung Mimi juga kerasa pegal-pegal. Ditengok banyak ibu-ibu yang berpengalaman menyusui pun kayaknya nggak jadi solusi. Semua punya pendapatnya masing-masing.

Beruntung dari RS Melati Husada tempat Mimi melahirkan Raga ada kunjungan bidan ke rumah untuk membimbing ibu-ibu baru. Ibu bidan yang bernama Bu Esty yang menangani Mimi sangat sabar mengajari Mimi cara menyusui bayi untuk pemula. Begini tipsnya:

  1. Buat posisi duduk ibu senyaman mungkin. Ibu Esty menyarankan untuk bersandar dengan bantal di tembok kalau tidak ada kursi menyusui.
  2. Kalau duduk di tempat tidur, kaki selonjoran aja nggak usah diturunkan ke lantai. Posisi ini paling nyaman. Tapi kalau duduk di kursi, usahakan kaki disangga dingklik biar nggak menggantung.
  3. Posisikan bayi tegak lurus dengan arah puting payudara untuk perlekatan yang sempurna. Maksudnya gini, mulut bayi dan puting harus sejajar, jadi badan bayi bisa disangga tangan seperti mau menggendong. Usahakan bayi juga sejajar dengan tangan, jangan turun kakinya.
  4. Dengan posisi ini bayi akan tetap nyaman sampai perutnya kenyang.

Awalnya memang susah untuk membiasakan diri dengan cara murah menyusui untuk pemula ini. Tapi karena memang terasa nyaman di badan, bisa juga dengan gampang diulang dan diulang lagi sampai badan akhirnya terbiasa juga hingga masuk usia 2 minggu si Raga sampai hari ini.

Apalagi dengan ancaman bayi kuning kalau nggak cukup minumnya, Mimi jadi lebih semangat menyusui dan mengejar kekurangan Raga. Eh bilirubin Raga sempat menyentuh angka 14 lebih lho! Di lain post nanti Mimi ceritakan kenapa penyakit kuning dan angka bilirubin sering bikin ibu baru cemas dan deg-degan ya.

Kalau cara menyusui yang mudah ini, sudah pada bisa? Alhamdulillah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: