Mimi: Cara Membersihkan dan Pijat Payudara Untuk Melancarkan ASI

Setelah bernafas lega setelah berhasil melewati persalinan normal dan pemulihannya yang cepat, perjuangan ibu baru belum selesai. Kini saatnya masuk trimester 4, fokus pada pertumbuhan bayi dengan mencukupi kebutuhan ASI-nya. Beruntung Mimi bisa langsung menyusui, meski masih grotal gratul salah posisi lah kurang lancar lah, tapi dengan bimbingan dari perawat dan bidan RS Melati Husada sekarang sudah lebih pintar membersihkan payudara, pijat payudara demi melancarkan ASI untuk Raga.

Selain kontrol teratur ke dokter kandungan, mencoba memeriksakan kehamilan ke bidan kayaknya juga membantu meredakan stress calon ibu. ~ nengbiker, 2017.

Dulu Mimi pernah diskusi dengan mbak Golda yang lebih percaya pada bidan daripada kontrol ke dokter kandungan. Vitaminnya lebih murah, antriannya nggak panjang banget, sarannya lebih ke praktik langsung, juga banyak tips-tips praktis dalam merawat tubuh dan kandungan. Katanya demikian. Mimi sih dulu juga pengennya ke bidan aja, tapi karena memperhitungkan faktor umur lalu mundur teratur perlu back up medis yang kuat biar nggak bermasalah apalagi kehamilan pertama.

Nah asyiknya melahirkan di RS Melati Husada, perawat dan bidannya mendampingi benar setelah persalinan. Mimi diajarkan tips praktis membersihkan payudara, cara pijat payudara dan cara melancarkan ASI saat menyusui. Satu persatu kita bahas yuk!

Cara Membersihkan Payudara

Biarpun mandi dua hari sekali kalau puting payudara tidak fokus dibersihkan ya tetap kotor di bagian putingnya. Kata bu bidan gitu. Sarannya sebelum melahirkan kamu bisa intensif membersihkan payudara, bisa belajar di bu bidan atau mencari informasi cara membersihkan payudara di internet juga bisa. Hari ke dua di RS Melati Husada, Mimi diajarkan cara membersihkan payudara, sederhana saja.

Begini caranya:

  1. Siapkan 2 washlap bersih, 1 mangkuk air hangat atau tergantung suka-suka kamu gimana.
  2. Tempatkan 1 washlap kering di bawah payudara (kanan atau kiri dulu terserah).
  3. Rendam 1 washlap di air hangat, kompres payudara sambil ditekan-tekan di bagian putingnya.
  4. Keringkan payudara dengan washlap yang kering, lalu pindah ke payudara satunya.

Cara Pijat Payudara Sendiri Untuk Melancarkan ASI

Memegang payudara sendiri aja kadang bikin risih, gimana kalau dipegang orang lain ya? Selain suami tentunya. Makanya Mimi agak-agak mikir gimana ya biar nggak rikuh waktu ke Bidan dan minta diajari cara pijat payudara. Cara memijat yang benar akan membantu menjaga bentuk payudara saat menyusui sekaligus melancarkan produksi ASI. Tapi akhirnya tetap dipegang-pegang orang lain juga setelah diajarkan membersihkan payudara lanjut ke pijat payudara.

Begini caranya:

  1. Setelah dikeringkan, sangga bagian bawah payudara (kanan/kiri dulu terserah) sebelum mulai gerakan memijat.
  2. Gerakan Pertama: Dengan 2-3 jari tangan, tekan-tekan agak keras payudara dengan gerakan searah jarum jam sampai seluruh permukaannya tersentuh pijatan. Tekan lebih keras di bagian payudara yang terasa menggerinjel. Tenang, bukan ada benjolan yang berbahaya, tapi saluran ASInya sedikit terhambat. Tekan terus sampai terasa lancar.
  3. Gerakan Kedua: Dengan jari tangan mengepal, pijat lagi payudara dengan gerakan searah jarum jam untuk merelakskan saluran ASI.
  4. Gerakan Ketiga: Dengan telapak tangan terbuka, buat gerakan seperti menyibak air untuk membantu ASI jalan lebih lancar ke putingnya. Sama seperti gerakan sebelumnya, lakukan searah jarum jam.
  5. Gerakan Keempat: Bentuk huruf C dari jari telunjuk dan jempol, pijat di daerah areola karena di situ terdapat pompa-pompa ASI yang melancarkan keluarnya ASI dari puting.
  6. Lakukan gerakan yang sama untuk payudara satunya.

BONUS: Cara Melancarkan Keluarnya ASI Saat Menyusui

Ada kalanya saat menyusui ASI terasa tidak lancar keluar dihisap mulut bayi. Atau kadang-kadang juga terasa payudara menggerinjel seperti waktu dipijat di gerakan pertama. Itu tandanya jalannya ASI masih terhambat di saluran produksinya. Cara melancarkan ASI-nya adalah dengan merelakskan daerah payudara. Nggak mungkin dikompres pake washlap waktu bayi sedang menyusu kan?

Bu Bidan menyarankan untuk dipijat dengan botol air panas yang digelindingin di payudara sambil menyusui. Gerakannya dari arah dada turun ke arah puting. Saat payudara sudah relaks, ASI akan terasa lebih lancar dihisap bayi. Cara ini juga bisa digunakan saat pumping ASI.

TAMBAHAN: Kenapa Bayi Nggak Suka Menyusu Atau Cepat Lapar?

Payudara yang tidak disusukan ke bayi atau tidak dipumping akan terasa mengeras, bukan? Mengeras sampai tegang dan kayak pepaya setengah mateng kalau Mimi rasakan. Itu sakit banget! Solusinya sih ya segera dikeluarkan ASInya dengan cara disusukan atau dipumping. Tapi kalau langsung disusukan ke bayi, biasanya dia akan kezel sendiri menyusu di payudara yang keras. Gusi dan lidahnya bakal capek lebih cepat daripada saat payudara sedang dalam kondisi relaks, jadi dia akan cepat berhenti menyusu dan cepat lapar lagi.

Nah, biar bayi lebih nyaman menyusu saat payudara sedang keras-kerasnya, coba pumping sebentar sambil dipijat-pijat dengan botol air panas. Setelah mengeluarkan ASI yang tertahan, payudara akan terasa lebih relaks dan bayi juga lebih nyaman menyusu.

Pumping nggak harus pakai pompa payudara yang mahal kok. Kalau ASI lancar, bahkan nggak pakai pompa tapi diperah pakai tangan langsung juga bisa. Pernah mencoba?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: