Mimi: Mastitis, Payudara Bengkak dan Puting Lecet

Setiap hari bersama Raga ada pengalaman baru yang dihadapi beserta solusinya. Pagi itu genap sebulan Raga, Mimi dan Pipi sepakat untuk membawanya ke Yang Toyo untuk dipijat. Beberapa kali setelah perjalanan sedikit panjang dari mudik ke rumah Eyang Mama, Raga seperti kurang nyenyak tidurnya. Eyang Toyo sendiri punya keahlian yang jadi andalan Mimi sejak kecil, beliau bisa pijat bayi di Malang.

Pijat Bayi Enteng Badan Tidur Tenang. Raga ngga lupa diajak mudik ke rumah eyang mama. Sebenernya ngga jauh sih, tapi pulangnya Raga ngga bisa bobok, rewel, minta mimik terus dan akhirnya muntah kepenuhan. Sebenernya di jalan juga bobok terus sih, jadi Mimi Pipi duga Raga kecapean digendong aja. . . Pagi tadi Raga main ke rumah Yang Toyo buat dipijet badannya. Mimi kecil dulu juga dipijet Yang Toyo kalau nggak bisa tidur ato abis jatoh. Waduh, Raga nangis kepiyer pas dipijet. Tapi habis dipijet boboknya jadi enak banget. Mudahan badannya juga jadi enakan buat hadapin libur lebaran yg belom selesai juga ini. Mudahan Yang Toyo juga sehat selalu ya. . . #27Juni2017 #onedayonepicraga #ragatoristory #babymassage #babyspa #pijatbayi #pijatbayidimalang

A post shared by Raga Alvarendra Satria (@ragatori) on

Singkat cerita, setelah pijat Raga masih sengguk-sengguk nangis dan minta menyusu. Mungkin karena masih mangkel sama Mimi karena pijat badannya nggak pake bilang-bilang, Raga pun jadi gemes waktu menyusu sampai puting payudara jadi lecet digigit sambil ditarik. Bertanyalah Mimi pada teman-teman apa obatnya puting lecet, payudara bengkak sampai demam meriang seperti yang Mimi rasakan. Kata Ratih, Mimi mengalami mastitis dan berikut solusinya yang dikumpulkan dari teman-teman Mimi.

Solusi Mengatasi Puting Lecet Karena Digigit Bayi

  1. Kompres payudara dengan air hangat
  2. Jangan tidak disusukan, kalau takut digigit lagi dipompa aja asal ASI tetap dikeluarkan
  3. Oles puting dengan ASI sebelum menyusui kalau sudah berani menyusui lagi
  4. Hindarkan puting dari sabun waktu mandi biar nggak kering dan bikin lecet lagi

Eniwe, 4 solusi mengatasi mastitis atau puting lecet sampai demam waktu menyusui ini Mimi praktikin semua. Air hangat sangat membantu melancarkan ASI waktu dikeluarkan baik disusuin atau dipompa. Mimi sih tetep menyusui biarpun sambil jerit-jerit waktu pertama kali, karena selanjutnya sudah ngga terasa lagi. Dan mengoleskan ASI ke puting sebelum menyusui itu bikin nyaman banget lho. Sekarang sih sedang membiasakan diri untuk nggak ngubek-ubek payudara pas mandi pake sabun.

Rekomendasi Obat Puting Lecet Saat Menyusui

Selain diberikan langkah-langkah mengatasi puting lecet dengan cara alami, Mimi juga mendapat banyak masukan tentang obat puting lecetnya. Sepertinya semua ibu menyusui mengalami hal yang sama karena obat yang direkomendasikan mirip semua.

  1. Salep Kamillosan
  2. Medela Purelan
  3. Lucas Papaw
  4. Medela Lanolin
  5. Kenalog in Orabase

Rata-rata merupakan obat salep oles untuk pemakaian luar. Mana yang paling manjur? Mimi belum mencoba obat-obat ini. Tapi salep kamillosan direkomendasikan lebih banyak dari obat lainnya. Next misalnya ngalami puting lecet bisa dicobain obat-obat di catatan ini.

Obat Alternatif Mengatasi Mastitis, Puting Lecet dan Payudara Bengkak

Obat medis memang lebih cepat mengatasi, tapi tidak salah juga kalau mau coba alternatifnya. Nggak macem-macem kok, ada info dari Etha dan Mbabrip cara alternatif mengatasinya.

  1. Kompres dengan daun kol/kubis yang lebar-lebar itu lho. Sepertinya membantu mendinginkan area payudara ya jadi bikin nyaman.
  2. Kompres dengan daun sirih yang sudah dipanggang sebentar di atas api. Caranya, cuci bersih daun sirihnya, lalu dilemesin di atas api kecil. Bisa di atas tutup panci panas mungkin. Tempelkan ke payudara yang sudah diolesi minyak kelapa.

Nggak neko-neko kan? Bisa ini semua cara mengatasi mastitis, payudara bengkak dan puting lecet karena menyusui dicobain. Bukan sekarang waktu Raga masih umur puluhan hari, tapi nanti waktu tumbuh gigi. Huhuhu, jadi deg-degan gimana ya nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: