Mimi: Persiapan Ibu Menyusui Kembali Bekerja Setelah Melahirkan, Apa Saja?

Astaga, sarang laba-laba di blog Mimi kok sudah banyak ya? Sepertinya baru kemarin posting, ternyata sudah hampir tiga bulan yang lalu. Apa kabar Moms dan Paps, ada kabar apa hari ini? Dari Mimi, setelah cuti hamil 3 bulan, hari ini adalah minggu kedua telah kembali bekerja. Agak serem, tapi kangen juga dengan kantor karena merasa belum siap. Belum siap meninggalkan Raga, jadi pengen berbagi persiapan ibu menyusui saat kembali bekerja.

Pumping ASI Setiap Hari Selama Cuti
Alhamdulillah ASI Mimi lancar sampai harus dipumping karena konsumsi Raga tidak secepat produksinya. 30 hari pertama cuti Mimi sudah setok 1 kotak sekitar 20 botol dan 30 kantong ASIP. Bulan kedua diingat-ingat sepertinya mandeg nyetok ASIP karena Raga lebih sering menyusu. Bulan ketiga digenjot lagi pumpingnya, tapi setok di kulkas malah berkurang karena masuk rumah sakit dan ASI mandeg produksi. Setok ASIP ini penting buat yang mau ingin terus ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Cara melancarkan ASI yang berhenti dibahas terpisah aja ya.

Bersiap Berpisah Sejenak, Latih Minum Dot Sejak Dini
Raga, juniornya Mimi Pipi di minggu kedua ini sudah lebih pintar. Minggu pertama dilalui Mimi dan Pipi dengan deg-degan setiap harinya. Iya, Raga susah minum pakai dot. Ini salah satu yang kurang Mimi perhatikan selama cuti hamil. Memang sudah dilatih ditinggal 1-2 jam dengan stok ASIP, ternyata Raga masih pilih-pilih dotnya, dan Mimi Pipi nggak aware dengan maunya dia.

Menyamakan Persepsi Cara Merawat Dengan Pengasuh Anak
Mimi Pipi beruntung punya orangtua yang sangat menanti kehadiran cucunya. Apalagi di sisi Mimi yang cucunya 2 aja, Raga kayaknya bakal jadi raja kecil baru di rumah. Mama dan Papa bahkan melarang pindah lagi ke rumah lama sebelum Raga benar-benar sudah bisa ditata. Jadi tidak perlu waktu lama untuk menyesuaikan cara Mimi merawat dengan cara Mama merawat. Perbedaan jaman, masih belum bikin crash di antara Mimi dan Mama.

Kalau bayi kamu akan ditinggal dengan pengasuh anak, cobalah mencari di 2 bulan sebelum masuk kerja. Ada yang perlu melatih memakai dot, ada juga yang perlu terbiasa berpisah dengan ibu dan harus menyesuaikan diri dengan pengasuhnya.

Mengatur Alokasi Waktu
Ini yang bagi Mimi penting sekali untuk disiapkan kalau kamu mau kembali bekerja dengan tenang. Biasanya cuma hidup berdua, apa-apa cuma berdua saja, tentu perlu penyesuaian dengan kehadiran anggota baru keluarga. CUCIAN DAN SETRIKA itu lho yang nambah banyak. Apalagi kalau kamu nggak dibantu ART.

Di rumah Mama yang tidak pakai ART, Mimi yang harus menyesuaikan dengan penambahan ini. Saat cuti sih enak, pekerjaan rumah bisa dikerjakan kalau sudah senggang atau saat Raga tidur. Berbeda ketika sudah masuk kerja, biarpun kantornya fleksibel banget jam kerjanya, tentu tanggung jawab harus tetap ada. Bangun pagi itu pasti, hanya harus lebih sigap membersihkan kamar, memandikan Raga, mik susu sebelum berangkat, menyiapkan perlengkapan pumping, dan bermain sebentar sama Raga. Biar nggak setres-setres amat, katering lauk harian pun dipesan.

Sepertinya gampang, tapi ternyata penyesuaian alokasi waktu ini perlu kerjasama dengan anggota keluarga lainnya. Masih sering kudu gontok-gontokan sama Pipi karena belum sama-sama mengerti ritme yang harus dilakukan setiap hari.

Bekerja kembali memang jadi pilihan ketika ada anak yang harus diberi perhatian. Jadi, kalau kamu juga mau kembali bekerja, pastikan lingkungan memberi dukungan sepenuh hati atau bentuklah sendiri supporting line agar anak mendapat perhatian, pekerjaan juga terselesaikan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: