Mimi: Tips Memilih Nama Anak Bayi

Yak sudah masuk di masa-masa memikirkan nama bayi perempuan dan bayi laki-laki yang dibuat dalam dua versi. Mimi emang paling suka memilih nama bayi berdasarkan waktu kelahiran. Untuk bayi kedua ini lho, tapi bukan nama bayi sesuai bulan kelahiran. Maunya mengikuti jam pagi siang atau sore malam. Seru juga ya memilih nama bayi!

Sebelum merangkai nama bayi perempuan dan nama bayi laki-laki, yang dilakukan pertama adalah mencari nama yang sesuai dengan keinginan. Mencari nama dan artinya sebagai rangkaian, juga menyesuaikan dengan nama kakaknya. Seru-seru sedap sampai akhirnya diingatkan teman biar nggak keasyikan cari nama bayi kalau pada akhirnya akan menemui kesulitan. Yup, memilih nama bayi itu bukan cuma masalah nama dan artinya. Tapi juga kemudahan dan kesulitan di kemudian hari biar nggak dialami anaknya nanti.

Masa sih nama bayi aja pengaruh sama kehidupan? O tentu. Jadi, simak ya Tips Memilih Nama Anak Bayi yang patut diperhitungkan orangtuanya.

Nama Anak Bayi Terlalu Panjang, Jangan!

Ada batasan karakter yang bisa diakomodir di lembar identitas, salah satunya panjang karakter. Terbatas lho itu, nggak bisa semau-maunya bikin nama panjang sekali terus bisa dimasukkan ke kolom identitas. Kalau di Akte kelahiran masih mungkin, tapi ada juga yang punya pengalaman memberi nama super panjang ke anak bayinya dan ditolak di Catatan Sipil, karena nggak ada slotnya.

Mulai dari kelahiran aja mungkin sudah membuat kesusahan orangtua karena ditolak oleh Catatan Sipil. Bayangkan ketika maju ujian sekolah dan sistem pengisian nama masih mengarsir buletan-buletan per huruf. Bisa-bisa durasi waktu ujian si anak hanya dihabiskan untuk mengisi nama, bukan lagi menjawab ujiannya. Bayangkan! Jadi pilihlah panjang nama anak bayi yang ideal.

Nama Anak Bayi Terlalu Pendek, Ya Jangan Juga!

Mimi sebenarnya pengen nama anak yang unik, terdiri dari dua huruf misalnya. AA, BB, CC, gitu. Kayaknya kan jadi gampang ya memudahkan menulis namanya, memudahkan dipanggil juga namanya tanpa nama panggilan lainnya. Ternyata yang begini diingatkan juga, mudah nyari namanya, REMPONG harus menjelaskan ke orang-orang dan pihak imigrasi.

Iya ini berdasar pengalaman teman. Katanya nama pendek itu pasti dituduh singkatan. Harus dijelaskan. Well, menyulitkan juga ternyata.

Nama Anak Bayi Susah Dieja

\Pada periode tertentu, memilih nama anak bayi biasanya dipengaruhi oleh tren yang sedang terjadi saat ia dilahirkan. Kadang-kadang berbalut bahasa tertentu yang diterjemahkan per kata sampai huruf-hurufnya, sehingga bisa jadi dobel R, atau pakai vokal yang urutannya susah dilafalkan.

Bagus sih kalau ditulis, tapi begitu dieja lidah berputar kayak gasing. Misalnya lagi di telepon dan mengonfirmasi nama, yang ada malah berkelahi sama petugasnya kalau namanya udah panjang, hurufnya dobel-dobel, susah dibayangkan pula.

Tapi setiap nama anak bayi adalah doa orangtuanya. Bertahanlah jika itu memang nama terbaik yang bisa kamu buat untuk anakmu kelak. Asal jangan gemes-gemes sendiri sama konsekuensinya di kemudian hari.

Jadi, apa ya nama terbaik untuk anak yang lahir di bulan November itu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: