Mimi: Persiapan Barang-Barang Untuk Dibawa Persalinan

Sebelum nyeri kontraksi terasa, sebelum air ketuban pecah tiba-tiba, bagi yang sedang bersiap melahirkan ada beberapa barang juga yang harus dibawa. Ini tentu bagi yang bersiap persalinan normal ya. Kata Bazz teman Mimi yang harus menjalani persalinan dengan operasi, dia nggak boleh sampai merasa nyeri dan kontraksi. Tapi persiapan barang-barang untuk dibawa persalinan tetap wajib dilakukan.

Baju Ganti Mimi

Mae, teman Mimi lainnya menyarankan bawa beberapa stel pakaian. Juga sebaiknya bawa jarik atau rok untuk persalinan. Dua item persalinan ini kebanyakan nggak bisa lagi dipakai kalau normal karena biasanya kotor terkena darah dan susah hilang bau amisnya. Sedangkan yang dipakai di RS untuk pemulihan cukup daster aja. Kalau mau cantik-cantikan pas pulang ya jangan lupa disiapkan juga. Termasuk seperangkat alat makeup dan sepatu.

Baju Ganti #BabyHattori

Menurut pengalaman beberapa teman, ada rumah sakit bersalin yang mewajibkan membawa pakaian bayi sendiri untuk ganti selama ibunya pemulihan. Ada juga yang enggak sih. Tapi ya perlu jaga-jaga juga mari membawa beberapa stel pakaian bayi termasuk misal mau bawa yang ganteng/cantik untuk kepulangannya. Bawa juga sarung tangan dan kaus kaki, juga selimut dan bedong bayi.

Mimi dan Pipi sudah menyiapkan yang istimewa, kaus kaki AirJordan untuk #BabyHattori. Juga beberapa baju bertema basket kesukaan Pipi untuk anak laki-lakinya nanti. Mimi relain deh, soalnya lagi nggak kepikiran cari tema-tema kalau bayi laki-laki. Dan tema motor-motor lebih susah daripada tema mobil, ahahahaha..

Persiapan BPJS Anak

BPJS Mimi dan Pipi ditanggung perusahaan, oleh karena BPJS anak itu tidak bisa diatasnamakan. Baru bisa diurus sesaat bayi dilahirkan. Jadi harus bawa: KTP orangtua, BPJS orangtua, Kartu Keluarga serta Buku Nikah beserta fotokopiannya. Ini sebaiknya dibendel jadi satu biar nggak ribet lagi nanti di hari H.

Pompa ASI

Kalau ini tambahan dari adik ipar Mimi. Sebaiknya saat persalinan sudah membawa juga pompa ASI untuk persiapan perlu menampung ASI yang tidak diminum bayi. Jadi sejak awal payudara sudah dikondisikan untuk memproduksi lebih banyak ASI dalam rentang waktu yang lebih sering agar terbiasa nanti saat di rumah. Jangan lupa bawa botol-botol ASIP juga ya. Nanti kalau kebanyakan bisa diuncalkan Pipi biar disimpan di kulkas rumah.

Uang Tunai atau Kartu ATM

Selain kartu pengenal, kartu ATM serta uang tunai itu penting disiapkan juga. Uang tunai bisa disiapkan di tas barang-barang, sedangkan kartu ATM pasti dibawa di dompet ya. Kalau Mimi sering ketinggalan di tas sih daripada di dompetnya. Persiapan ini bisa berguna kalau tiba-tiba jaringan bank yang dipakai terganggu tanpa ngomong lebih dulu. Mungkin perlu split tabungan juga kalau butuh uang tunai dalam jumlah banyak.

Ada tambahan dikit dari teman yang sudah di persalinan kedua atau ketiga. Siapkan mainan dan boneka untuk kakaknya. Biar nggak bosan nunggu di rumah sakit katanya.

7 Weeks to go. Doakan lancar yaa!

Advertisements

2 thoughts on “Mimi: Persiapan Barang-Barang Untuk Dibawa Persalinan

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: